Shopping cart

Magazines cover a wide array subjects, including but not limited to fashion, lifestyle, health, politics, business, Entertainment, sports, science,

TnewsTnews
  • Home
  • Berita
  • 5 Alasan Utama Mengapa Bitcoin & Altcoin Turun Hari Ini
Berita

5 Alasan Utama Mengapa Bitcoin & Altcoin Turun Hari Ini

5 Alasan Utama Mengapa Bitcoin & Altcoin Turun Hari Ini
Email :23

Tekanan jual di pasar kripto terus meningkat pada minggu pertama di bulan Agustus. Dimulai dengan pembalikan harga Bitcoin dari $70.000, para penjual memanfaatkan ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD) di sekitar ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan kekhawatiran akan resesi. Tekanan jual yang diperbarui ini memicu koreksi baru dalam sentimen sebagian besar altcoin utama saat Ethereum turun di bawah $3000 pada hari Jumat. Berikut adalah lima alasan di balik penurunan pasar kripto hari ini.

1. Data Nonfarm Payrolls yang Mengecewakan

Laporan nonfarm payrolls terbaru di AS mengungkapkan bahwa hanya 114.000 pekerjaan yang ditambahkan pada bulan Juli, jauh di bawah angka yang diantisipasi. Selain itu, tingkat pengangguran secara tak terduga naik menjadi 4,3%, menandai peningkatan keempat berturut-turut.

Menurut Jeffrey Rosenberg dari BlackRock, “Reaksi di sini mungkin adalah reaksi yang benar. Kami telah memiliki serangkaian data yang mengecewakan, dan itu mendorong lebih banyak kekhawatiran tentang prospek ekonomi.” Data pekerjaan yang lebih lemah dari yang diharapkan telah memicu kekhawatiran akan perlambatan, yang berdampak pada aset berisiko, termasuk cryptocurrency.

2. Kekhawatiran Resesi yang Meningkat

Laporan pekerjaan yang lemah telah meningkatkan kekhawatiran resesi, dengan ekonom Peter Schiff memperkuat kekhawatiran ini. Schiff berargumen, “Pemotongan suku bunga tidak akan berhasil menghidupkan kembali ekonomi atau lapangan kerja, tetapi mereka akan memperburuk inflasi yang sudah panas. Ini bukan stagflasi seperti yang dialami orang tua kita. Ini jauh lebih buruk!”

Baca juga: Wakil Presiden Riot Platfrom Mengungkapkan Bahwa Cadangan Strategis Bitcoin Dapat Membantu Ekonomi di AS

Komentarnya menyoroti kekhawatiran bahwa pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve mungkin tidak dapat mencegah resesi dan justru dapat mempercepat inflasi. Kekhawatiran ini memicu volatilitas pasar yang lebih luas dan menjadi katalis untuk penurunan pasar kripto hari ini.

Selain itu, Schiff mengkritik kinerja buruk dari ETF Ethereum Spot karena produk investasi ini terus mengalami aliran keluar. Dia juga memprediksi bahwa pada tingkat ini, harga ETH akan kembali ke level $2.000. Saat ini, ETH hampir tidak bertahan di atas $3.000.

3. Likuidasi Bitcoin

Pasar cryptocurrency telah melihat lonjakan likuidasi long selama 24 jam terakhir. Sebanyak $945,67 juta posisi long dilikuidasi di tengah total likuidasi pasar sebesar $1,1 miliar. Likuidasi posisi secara besar-besaran ini telah memperkuat tekanan turun pada harga kripto.

Selain itu, penurunan harga BTC, dari $65.000 menjadi $52.000, mencerminkan dampak signifikan dari likuidasi ini. Data dari Coinglass juga mengungkapkan bahwa penurunan harga BTC sebesar 14% minggu lalu juga mengakibatkan sekitar $1 miliar posisi long dilikuidasi saat itu.

4. Penurunan Pasar Saham

Penurunan pasar saham yang lebih luas juga telah membebani penurunan pasar kripto. Pada hari Jumat, 2 Agustus, saham jatuh tajam karena laporan pekerjaan yang lebih lemah dari yang diharapkan memicu kekhawatiran akan penurunan ekonomi. Indeks pasar luas turun 1,84% menjadi 5.346,56. Selain itu, Nasdaq Composite kehilangan 2,43%, ditutup pada 16.776,16. Ini membawa penurunannya dari puncak tertinggi sepanjang masa baru-baru ini menjadi lebih dari 10%. Selanjutnya, Dow Jones Industrial Average kehilangan 610,71 poin, atau 1,51%, berakhir pada 39.737,26, dengan indeks jatuh sebanyak 989 poin pada titik terendah sesinya. Penurunan pasar saham ini mungkin telah berdampak pada pasar kripto.

Baca juga: Akankah Pasar Kripto Pulih Saat Bitcoin Sentuh $50K? Atau Kehancuran Selanjutnya Menyusul?

5. Aliran Keluar ETF Bitcoin & Ethereum

Baik ETF Bitcoin maupun Ethereum telah menghadapi aliran keluar yang signifikan, yang berkontribusi pada masalah pasar. ETF Bitcoin mengalami aliran keluar sebesar $237,4 juta pada 2 Agustus, dengan total mingguan sebesar $80,4 juta. Sementara itu, ETF Ethereum mengalami aliran keluar sebesar $54,3 juta untuk hari itu dan $169,4 juta untuk minggu ini.

ETHE dari Grayscale melihat aliran keluar sebesar $61,4 juta pada hari Jumat. Aliran keluar ETF yang negatif ini, ditambah dengan pembayaran kebangkrutan Genesis Trading dalam BTC dan ETH, mungkin telah memperburuk penurunan pasar kripto.

Author

  • Anja Muhammad

    Anja Muhammad adalah seorang ahli blockchain dan cryptocurrency yang juga aktif menulis. Dengan latar belakang akademis di ilmu komputer, Anja memiliki keahlian mendalam dalam teknologi blockchain dan kriptografi.

    View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts