Shopping cart

Magazines cover a wide array subjects, including but not limited to fashion, lifestyle, health, politics, business, Entertainment, sports, science,

TnewsTnews
  • Home
  • Berita
  • ETF Bitcoin Milik BlackRock Alami Penurunan Pertama Sejak Mei
Berita

ETF Bitcoin Milik BlackRock Alami Penurunan Pertama Sejak Mei

ETF Bitcoin BlackRock
Email :17

Pada Kamis lalu, ETF Bitcoin inovatif milik BlackRock mencatat aliran dana negatif untuk pertama kalinya sejak Mei.

ETF Bitcoin mengalami aliran dana keluar sebesar $71,8 juta pada hari Kamis. Berdasarkan data terbaru, iShares Bitcoin Trust yaitu ETF milik BlackRock mencatat aliran keluar sebesar $13,5 juta pada hari itu. Pada saat yang sama, Bitcoin sempat berhasil melampaui level $60.000, tetapi pemulihan ini tidak berlangsung lama dan saat ini Bitcoin diperdagangkan di bawah level tersebut.

ETF Bitcoin ARK 21Shares Menjadi Satu-satunya yang Mengalami Kenaikan

Menariknya, ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) menjadi satu-satunya ETF Bitcoin yang mencatat aliran masuk positif pada hari Kamis. Hal ini terjadi setelah produk tersebut sebelumnya mengalami aliran keluar yang signifikan. Seperti yang dilaporkan oleh U.Today, iShares Bitcoin Trust milik BlackRock sebelumnya menjadi ETF tercepat yang mencapai aset kelolaan (AUM) senilai $10 miliar. Pada bulan Juni, ETF Bitcoin BlackRock melampaui angka $20 miliar dalam AUM. Meskipun demikian, belum jelas apakah aliran keluar baru-baru ini merupakan bagian dari tren yang lebih besar.

Dominasi BlackRock di Pasar ETF Bitcoin

Hingga saat ini, BlackRock telah mendominasi perlombaan ETF Bitcoin, secara signifikan mengungguli pesaing utama seperti Fidelity, raksasa keuangan yang berbasis di Boston. Sementara itu, seperti yang dilaporkan oleh U.Today, ETF Bitcoin sedang menuju untuk melampaui pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, sebagai pemegang terbesar cryptocurrency terbesar ini menjelang Halloween.

Baca juga: OJK Izinkan Influencer Promosi Kripto, Apa Dampaknya?

Dalam wawancara terbaru dengan CNBC, CEO BlackRock, Larry Fink, menyebut Bitcoin sebagai “emas digital” dan menambahkan bahwa cryptocurrency ini memiliki peran penting dalam portofolio investor. Sebelumnya, Fink sempat kritis terhadap Bitcoin, tetapi dia sepenuhnya mengubah pandangannya ketika cryptocurrency ini mulai mendapatkan penerimaan yang lebih luas di kalangan mainstream.

Aliran Keluar iShares Bitcoin Trust di Tengah Penarikan ETF Bitcoin

iShares Bitcoin Trust milik BlackRock, sebuah ETF Bitcoin spot, mengalami aliran keluar sebesar $13,5 juta pada 29 Agustus, menandai penarikan pertama sejak 1 Mei. Aliran keluar ini merupakan yang kedua bagi iShares Bitcoin Trust sejak diluncurkan pada Januari, selama periode di mana ETF ini umumnya mengalami aliran masuk yang konsisten.

Sebelum aliran keluar $13,5 juta pada hari Kamis, penarikan terakhir terjadi pada 1 Mei ketika $37 juta ditarik, bertepatan dengan penurunan harga Bitcoin ke titik terendah lokal di $56.000.

Penarikan Beruntun ETF Bitcoin Spot

Penarikan ini terjadi ketika ETF Bitcoin spot mencatat hari ketiga berturut-turut penarikan, dengan total $71,8 juta pada hari Kamis. ETF Bitcoin lainnya, termasuk dari Grayscale, Fidelity, Valkyrie, dan Bitwise, juga melaporkan aliran keluar dana berkisar antara $8 juta hingga $31 juta. Sementara itu, ETF Bitcoin milik ARK mencatat aliran masuk sebesar $5,3 juta, berbeda dengan tren aliran keluar yang lebih luas.

Baca juga: Rusia Siap Luncurkan Uji Coba Pembayaran Kripto Minggu Depan

Perbedaan aliran ini mencerminkan pandangan investor yang berbeda saat Bitcoin tetap berada di bawah $60.000. Meskipun aliran keluar baru-baru ini dari iShares Bitcoin Trust milik BlackRock merupakan peristiwa penting, masih harus dilihat apakah ini menandakan tren yang lebih luas atau hanya pergeseran sementara.

Meskipun mengalami aliran keluar baru-baru ini, ETF Bitcoin milik BlackRock telah mengumpulkan lebih dari $20 miliar dalam aliran masuk bersih sejak diluncurkan. ETF ini terus menjadi pemain signifikan di pasar ETF Bitcoin spot, mengelola lebih dari 350.000 Bitcoin.

Author

  • Anja Muhammad

    Anja Muhammad adalah seorang ahli blockchain dan cryptocurrency yang juga aktif menulis. Dengan latar belakang akademis di ilmu komputer, Anja memiliki keahlian mendalam dalam teknologi blockchain dan kriptografi.

    View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts